Top Fuel Dragster
mampu menempuh lintasan sepanjang 1/4 mil (400m) dalam waktu kurang dari 4,5 detik !!! dan top speed pada saat melintasi finish lebih dari 330mph (530km/h) artinya 0-100kmh cuma 0,63 detik!!
Fakta-fakta Top Fuel Dragster:
Top fuelers tercepat bisa mencapai lebih dari 530 km/h (329 mph), pada trek 1/4 mil (402 m) dan waktu sekitar 4,45 detik. Hal ini sering dikatakan bahwa Top Fuel Dragsters adalah kendaraan akselerasi tercepat di dunia, bahkan lebih cepat daripada pesawat ruang angkasa yang diluncurkan atau jet tempur yang dilontarkan (catapult-assisted) dari Kapal Induk. Sebuah kendaraan Top Fuel Dragster menghasilkan 8.000 tenaga kuda (6.000 kW) dan dapat berjalan dari 0 mph ke 320 mph (510 km / h) di bawah 5 detik.
Pada Juli 2009, rekor dunia untuk 1/4mil dicapai dalam 4,428 detik oleh Tony Schumacher. Schumacher juga memegang rekor kecepatan tertinggi untuk trek 1/4 mil di 336,15 mil(540,98 km / jam), dilakukan di Hebron, Ohio, pada tahun yang sama. Top Fuel race yang sekarang dilombakan di jarak 305 meter (1.001 kaki) demi alasan keamanan; rekor di bawah peraturan baru ini juga dipegang oleh Tony Schumacher pada 3,771 detik, dan catatan top speed dipegang oleh Larry Dixon di 321,58 mil per jam (517,53 km / h).
Spoiler for Tony Schumacher:
Spoiler for Tony In Action:
Bahkan, kendaraan umum yang berjalan stabil pada 200 mil per jam (320 km/h) sebelum ketika melintasi garis start akan tetap dikalahkan sampai garis finish oleh kendaaan Top Fuel Dragster mulai dari berhenti mati pada saat yang sama. Selain itu, melalui penggunaan beberapa pengereman parasut besar, kinerja luar biasa dari 0-330 kilometer per jam (530 km / h) dan kemudian kembali ke 0 dalam 20 detik dapat diperoleh. Menggunakan parasut kembar, perlambatan hingga 5 G dapat dicapai, cukup untuk menyebabkan retina mata terpisah dari bola mata. Don Garlits Sang legendaris, pemegang beberapa rekor, harus pensiun karena retina matanya terlepas.
Kategori-kategori balap drag cepat merupakan tontonan yang mengesankan, dengan mesin lebih dari 8.000 tenaga kuda (6.000 kW) dan output suara yang melebihi batas, dan mobil yang mirip parodi aneh dibanding mobil standar (Funny Car), dan ritual burnouts , sebelum untuk menuju ke waktunya berlomba, para pembalap membuat roda mobil mereka berputar sementara kendaraan diam atau bergerak maju perlahan-lahan, membuat ban panas agar temperatur ban optimal dan membuat lengket karet pada permukaan trek (yang mungkin telah dilapisi dengan VHT Trackbite atau substansi yang sama untuk meningkatkan traksi) untuk mendapatkan grip optimal pada akselerasi yang sangat penting.
Spoiler for TopFuel Action01:
Spoiler for TopFuel Action02:
burn out supaya ban tetap lengket di aspal pada saat pertandingan
Spoiler for TopFuel Action03:
Top Fuel Start !!!
Spoiler for TopFuel Action04:
Top Fuel Start !!!
Spoiler for TopFuel Action Detailed! awas BWK:
Perhatikan ban belakang tersebut! ban bertekanan yang didesain dengan grip maksimum pun menjadi terlihat LUNAK oleh besarnya tenaga mesin TopFuel!
Mesin Top Fuel:
Jika Agan ingin membuat mesin 4-stroke berdaya tinggi, ada beberapa cara yang berbeda untuk mencapai tujuan Agan. Salah satu caranya adalah meningkatkan kapasitas ruang pembakaran (bore up). Lainnya ialah memasukkan udara lebih banyak barang ke dalam mesin dengan turbocharger atau supercharger. Jika Agan ingin lebih ekstrem, Agan akan menggantikan bensin sama sekali dan menggunakan bahan bakar yang lebih energik. Top Fuel Dragster melakukan ketiganya.
mesin dirancang untuk membakar nitromethane daripada bensin. Bensin adalah hidrokarbon, dan rumus kimia umum untuk bensin adalah C8H18. Nitromethane memiliki formula CH3NO2. Nitromethane adalah bensin kecil yang telah dicampur dengan nitrous oksida. Bahan bakar datang dengan atom oksigen sendiri untuk membakar.
Keuntungan yang besar dari nitromethane adalah bahwa Agan bisa mendapatkan daya lebih banyak dari setiap ledakan di dalam mesin. Pound untuk pon, nitromethane kurang energik daripada bensin, tapi Agan dapat membakar nitromethane lebih banyak dalam silinder. Hasil akhirnya adalah daya lebih per stroke. Agan biasanya perlu sekitar 15 kg udara untuk membakar 1 pound bensin, sedangkan Anda perlu hanya 1,7 kg udara untuk membakar 1 pound nitromethane. Ini berarti bahwa, dibandingkan dengan bensin, Agan dapat memompa nitromethane sekitar 8 kali lebih banyak ke dalam silinder dari suatu volume tertentu dan masih mendapatkan pembakaran yang sempurna.
Karena nitromethane tidak begitu padat seperti bensin dalam hal energi, Agan tidak mendapatkan peningkatan 8 kali dalam hal kekuatan. Hal ini lebih seperti peningkatan 2.5 kali . Namun, Agan dapat dua atau tiga tambahan daya kuda pada mesin anda, hanya dengan mengubah bahan bakar. Itu perubahan besar!
Sebuah mesin drag Top Fuel memiliki kapasitas mesin sebesar 8,9 liter, dengan supercharged dan menghasilkan sekitar 8.000 tenaga kuda. mesin ini dapat membakar sekitar 4 liter nitromethane per detik!
Hal yang menarik tentang nitromethane adalah bahwa hal itu tidak terbakar secepat bensin. Bahkan, tidak ada cukup waktu untuk membakar semua nitromethane antara ketika busi membakar dan ketika katup buang akan terbuka. Jadi mesin memompa nitromethane ketika masih membakar ke pipa knalpot. Itulah sebabnya mengapa Agan melihat api penembakan keluar dari knalpot dari mobil balap drag.
Spoiler for Gambar Mesin TopFuel:
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009097179/top-fuel-dragster-mesin-drag-8000hp/| digali.blogspot.com
achmad mubarok 17 Sep, 2014
-
Source: http://digali.blogspot.com/2014/09/top-fuel-dragster-mesin-drag-8000hp.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com